Kegiatan Musyawarah Desa

Pada hari Selasa tanggal 09 Januari 2024 telah dilaksanakan musyawarah desa yang membahas mengenai Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 warga beserta perangkat desa dan juga mahasiswa KKN dari Universitas Jenderal Soedirman. Musyawarah desa ini dilaksanakan di Lapangan Badminton yang berada di dekat Kantor Balai Desa Kebandaran. Musyawarah desa kali ini tidak hanya membahas mengenai BLT, tetapi juga sosialisasi dan juga terdapat perkenalan secara umum mahasiswa KKN Unsoed ke warga desa.

Mahasiswa KKN Unsoed Bersama Perangkat Desa

 

Adanya bantuan ini merupakan suatu cara yang dilakukan oleh pemerintah Desa Kebandaran untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem. Terdapat beberapa kategori yang masuk dalam kemiskinan ekstrem, diantaranya kepala keluarga perempuan, memiliki penyakit menahun, dan keluarga miskin disabilitas. Setidaknya ada 34 warga yang berhak mendapatkan bantuan ini. Bantuan langsung ini dialokasikan dari dana desa yang ada.

Sebelum diadakan musyawarah desa, pada malam sebelumnya telah diadakan Pra Musyawarah Desa (PRAMUSDES). Kegiatan ini bertujuan untuk memilah data siapa saja yang berhak mendapatkan BLT kali ini. Kegiatan pramusdes diadakan untuk menimalisir konflik yang terjadi di masyarakat. Pada pramusdes masyarakat yang datang hanya sebagian saja, diantaranya: Kepala Desa, Ketua BPD, Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW, dan juga Tokoh Masyarakat. Diharapkan dengan adanya BLT ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kebandaran.

KEGIATAN MUSYAWARAH DESA MENGENAI BANTUAN LANGSUNG TUNAI SEBAGAI SALAH SATU CARA PENGENTASAN KEMISKINAN EKSTREM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
YouTube
Instagram
WhatsApp